Tuesday, May 27, 2014

Mini Report : Europe on Screen 2014


First of All, Thanks a lot buat @EuropeonScreen dan @flickmagazine yang sudah memilih tulisan sebelumnya, #EoSXperience sebagai salah satu pengalaman dalam mengikuti rangkaian Festival Film Eropa yang telah diadakan sebelumnya

And yet again, kita sampai lagi ke Europe on Screen 2014, sebuah ajang pemutaran film-film Eropa di 8 Kota Besar di Indonesia. Di Medan, ada yang sedikit berbeda dari pelaksanaan #EoS jika dibandingkan dengan tahun lalu, kalau biasanya pemutaran dilakukan di Alliance Francaise, kali ini 5 dari total 7 film diadakan di Hotel JW Marriott dengan Kuota 2x lipat dari venue AF. Ya, Sepertinya antusiasme penonton #EoS bertambah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya sehingga membutuhkan venue yang lebih besar.
Rame! suasana kayak diatas ngga cuma di Hari Rabu lo! Karena keesokan harinya penonton yang datang malah makin rame.

So let's talk about the movies, dari 7 film yang singgah ke Medan, setidaknya ada 3 film yang Saya cicipi, well, technically 2 Featured Films and 10 Short Films. Here's the recap...

Day 4 - 7 Mei 2014
Finalis Kompetisi Film Pendek
Dengan total 10 Film Pendek, personally tahun ini terasa sedikit hambar karena kumpulan film-film pendeknya kurang 'nendang', masih teringat dengan kompilasi pendek tahun lalu khususnya my favorite Dino. But then again, pasti ada yang terbaik diantara 10 film pendek tersebut, dan tahun ini jatuh ke Menunggu Warna, karya Adriyanto Dewo. Walaupun Menunggu Warna sudah pernah masuk dalam kompilasi Sanubari Jakarta (yang sayangnya belum sempat saya cicipi), tapi masih menduduki peringkat teratas untuk urusan teknis, cerita, dan elemen lainnya.

Day 5 - 8 Mei 2014
The Arrival of Wang (2011)
L'arrivo di Wang (Italy, 80 Mins)
Plot : Gaia (Francesca Cuttica) adalah seorang penerjemah yang ditawarkan sebuah pekerjaan dengan imbalan yang besar. Imbalan yang besar datang dengan tanggungjawab yang besar pula, Ia diminta untuk melakukan tugasnya dalam kondisi yang tidak biasa, di ruangan gelap dengan mata tertutup.

Dari kategori Discovery, The Arrival of Wang memiliki Premis yang cukup menjanjikan. Walaupun masih terasa kurang maksimal dibeberapa elemen seperti Efek, banyak penonton EoS yang merasa enjoy dengan film ini, karena ada beberapa komedi yang ditawarkan selama film tayang. Dengan komposisi yang ada, tak menutup kemungkinan jika nantinya film ini akan diadaptasi oleh Hollywood. 

Day 6 - 9 Mei 2014
Family Way (2012)
Alles is familie (Netherlands, 132 Mins)
Plot : Menjelang Ulang Tahun Perkawinan Sang Orang Tua, semuanya tak berjalan mulus seperti rencana. Keretakan Rumah Tangga, hingga masalah-masalah (klasik) kembali muncul bagi keluarga.

Dysfunctional Family sepertinya sudah biasa dijadikan premis sebuah Film tapi ada yang berbeda dari Family Way, pengaruh budaya 'lokal' dari Belanda sepertinya membuat film ini jadi terasa sedikit berbeda. Dari Kategori XTra yang notabenenya merupakan "Box Office" di kandangnya, Family Way sudah memiliki kriteria yang tepat untuk pasar di luar Belanda, Cerita yang menarik, Teknikal yang mumpuni, hingga deretan Aktor dan Aktris yang sebagian sudah mengembangkan sayapnya ke Ranah Internasional. Carice Van Houten adalah salah satunya, sebagai aktris utama, Van Houten sudah menginjak Hollywood lewat beberapa film, Valkyrie hingga Repo Men, untuk penggemar Game of Thrones pasti sudah mengenali Van Houten lewat karakter The Red Woman, Lady Melisandre. Speaking about the films, walaupun sedikit kepanjangan secara keseluruhan Family Way adalah Film yang sangat menghibur, yes, comedy rules!

---------------

That's a wrap! Ajang Tahunan Festival Film Eropa 2014 telah resmi berakhir. See you again nexy year!

0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger