Wednesday, June 30, 2010

Movie Therapy : Batman Begins (2005)


Jika Anda ingin menonton sebuah film superhero yang berkualitas, maka saya rekomendasikan film Batman Begins. Sebuah fim reboot dari Batman Series ini, disutradarai oleh Christopher Nolan (Memento), dengan gaya khas Nolan yang nuansanya lebih gelap, dan lebih tegas jika dibandingkan dengan versi Batman yang lebih kartunis ala Tim Burton. Walaupun nuansa yang ditampilkan lebih gelap, namun ceritanya sendiri sendiri tidak begitu kelam, karena disini jelas diceritakan asal mula Sang Batman.

Bruce kecil menjadi saksi atas pembunuhan kedua orang tuanya. Setelah dewasa, Bruce Wayne (Christian Bale) yang mewarisi kekayaan dari perusahaan ayahnya, Wayne Enterprise berkeliling dunia untuk mencari tahu bagaimana memerangi ketidakadilan. Sekembalinya ke Kota Gotham, Gotham kini semakin kelam dikarenakan banyaknya kriminal yang berkeliaran mulai dari para penjahat hingga kepolisian Gotham yang korup, ironisnya kebobrokan ini merasuk hingga ke pihak pengadilan Gotham. Semua ini didalangi oleh Carmine Falcone (Tom Wilkinson) dan antek-anteknya yang tersebar ke seluruh kota Gotham. Bruce Wayne tidak bisa diam begitu saja, dengan modal Wayne Enterprise sepeninggal Sang Ayah, Bruce ingin menciptakan sebuah symbol yang mampu mengubah Kota Gotham menjadi lebih baik, sebuah visi yang dulunya dimulai oleh Ayahnya dan sekarang pun ingin diselesaikan oleh Bruce. Batman, sebuah simbol yang kiranya mampu menyelamatkan Kota Gotham dari kriminalitas yang merajalela. Sosok superhero bertopeng ini tak lain adalah Bruce sendiri yang dibantu oleh Alfred (Michael Caine), Pelayan setia keluarga Wayne, dan salah seorang ilmuwan dari Science Department,Wayne Enterprise Lucius Fox (Morgan Freeman) yang menyediakan semua fasilitas Batman.

Mengapa saya suka dengan Batman? Karena Batman bisa dibilang sangat “manusiawi”, tanpa kekuatan khusus layaknya superhero lain yang mampu menembus dinding, menghilang, dan berbagai kekuatan super lainnya, sehingga Batman terasa lebih dekat dengan kita. Dan untuk versi Nolan ini, cerita, suasan dan cast-nya sangat baik sehingga menjadi dalah satu film yang wajib tonton. Bahkan saya sendiri sudah menontonnya berkali-kali.

Dari castnya sendiri, selain Christian Bale dan Tom Wilkinson, film ini juga menghadirkan bintang-bintang ternama yang sudah tidak asing lagi seperti Katie Holmes yang berperan sebagai Rachel Dawes, love interest dari Bruce Wayne, Gary Oldman sebagai Komisaris Jim Gordon. Tak lupa pihak antagonis diperankan oleh Ken Watanabe (Ra’s Al Ghul), Liam Neeson (Henry Ducard), dan Cillian Murphy sebagai Dr.Crane atau yang lebih dikenal sebagai Scarecrow.

Movie-meter : 4.5/5


Share/Save/Bookmark

0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger