Thursday, January 27, 2011

TV Series Review : Glee


Saya mengenal Glee untuk pertama kalinya bukan dari seriesnya, ya, saya tau Glee dari musik-musiknya. Meskipun saya tau kalau Glee itu adalah sebuah TV Series yang 'kerjaannya' mengkover lagu-lagu lama maupun baru, saya suka dengan lagu-lagunya walaupun belum kenal sama para penyanyinya. Sampai akhirnya di pertengahan 2010 kemarin, saya pun mulai menonton seriesnya, dan, Wham! Glee benar-benar menyita perhatian! Jawaban atas rasa penasaran siapa penyanyi yang selama ini saya dengar lagunya pun terjawab! Puas rasanya. Dari penjelasan singkat ini, pasti masih banyak yang bingung dengan Glee, series kok ada musiknya ya? Okey, Jadi, apa itu Glee?

Jadi, Glee itu adalah sebuah TV Series yang bergenre drama, komedi, musikal yang menceritakan tentang sekelompok anak-anak yang kurang eksis di William Mckinley High School, yang tergabung dalam sebuah kelompok ekstrakurikuler seni suara di sekolah tersebut, dengan nama New Directions. Tadinya Glee Club diprakarsai oleh Sandy (Stephen Tobolowsky), namun karena ada sedikit masalah akhirnya Sandy dipecat dan William Schuester (Matthew Morrison), seorang guru Bahasa Spanyol berinisiatif untuk mengambil alih Glee Club dengan mereset ulang semuanya. Hal ini karena Mr. Schue, tak lain adalah mantan anggota Glee Club pada zamannya. Dan setelah mengalami beberapa tantangan termasuk dari sang Kepala Sekolah/Principal Figgins (Iqbal Theba), akhirnya Mr. Schue berhasil membentuk kembali New Directions sebagai Glee Club di sekolah itu dan memulai audisi untuk mencari talentnya.

Dihari Audisi, Mr. Schue menemukan Rachel Berry (Lea Michele), bisa dibilang sang Bintang di Glee Club yang selalu haus akan penampilan solo, tapi tetep, anak yang kurang populer disana. Terus ada Mercedes Jones (Amber Riley), yang memiliki suara emas, the Real Talent!. Dan ada Kurt Hummel (Chris Colfer) si fashionista. Artie Abrams (Kevin McHale) yang merupakan seorang handicapped dan Tina Cohen-Chang (Jenna Ushkowitz) si gadis Asia. Mereka merupakan kumpulan orang-orang yang kurang eksis dan juga kaum minoritas disekolah yang tergabung dalam Glee Club! Semuanya baik-baik saja, sampai kemunculan Sue Sylvester!

Siapa Sue Sylvester itu? Sue (Jane Lynch) adalah seorang guru di WMHS yang melatih kelompok Cheerios, sebuah ekstrakurikuler Cheerleader di sekolah itu. Terus, ada apa antara Sue dan Glee Club? Oke, keberadaan Glee Club secara tidak langsung sangat merugikan club Cheerios dan juga dirinya. Principal Figgins yang orangnya perhitungan memotong seenaknya budget club Cheerios karena dialihkan ke Glee Club. Itulah sebabnya Sue ingin menghancurkan Glee Club dengan sebuah pernyataan kalau Glee Club tidak akan Exist mengikuti kontes regional dengan 5 orang siswa, karena peraturannya, mereka yang mengikuti kontes regional harus diikuti oleh minimal 12 orang siswa! Mr. Schue pun harus melakukan berbagai cara untuk menemukan 7 orang siswa lagi.



Bercerita tentang sekelompok anak-anak SMA, Glee sering dibanding-bandingkan dengan Disney's High School Musical. Yah, kehidupan tentang anak SMA dan pastinya musikal, memang membuat Glee mirip dengan HSM yang rilis jauh lebih awal daripada Glee, tapi kalau dari segi cerita? menurut opini saya, Glee berada jauh diatas HSM. Hal ini dinilai dari bobot yang ingin ditunjukkan oleh Glee lewat kedewasaannya, berbeda dengan HSM yang terkesan untuk anak-anak. Dan ada beberapa point penting yang sangat saya suka dari cerita Glee :
  • Kisah tentang anak-anak minoritas disekolahnya yang tertindas oleh kaum-kaum populer (baca: Jocks & Cheers) kini menjadi sesuatu yang wah saat si kaum populer tersebut justru merasa kalau merekalah tidak menemukan 'diri mereka' yang sesungguhnya. Dan mereka bisa menemukan nyamannya dalam Glee dan merasa seperti keluarga sendiri. Walaupun pada awalnya semuanya tidak ada yang cocok, seiring dengan waktu mereka bisa menjawab tantangan tersebut dan merasa satu sama lain adalah bagian dari keluarga mereka. 
  • Sisipan-sisipan penting mengenai kisah Orang-orang yang kurang beruntung atau Handicapped yang difokuskan pada Artie dan Saudari Sue, juga Becky di season 2. Mungkin, bagi kita yang selama ini bisa menikmati anggota tubuh kita yang tidak mengalami cacat suka lupa dengan kondisi-kondisi mereka yang merasa kekurangan. Bagaimana seorang Artie bisa melewati tangga tanpa adanya Ramp? Bagaimana ia bisa ikut dengan rombongan lainnya dalam sebuah bus? dan MASIH banyak cerita lainnya. Oh ya, jangan lupakan juga Becky Jackson, seorang anak yang mengidap Down Syndrome yang kini telah populer. Hey, you don't have to be pretty to be popular! :) 
  • 'Perang yang Sehat' antara Mr. Schue dan Sue! Ya, kalau dilihat-lihat, memang ada yang 'aneh' dari seorang Sue dan saya suka itu! 
  • Dan masih banyak cerita lainnya yang saya suka. 
Pengemasan lain dari Glee yang saya suka yaitu karakter-karakternya, bagaimana menggabungkan tokoh-tokoh yang menurut saya biasa saja, lama kelamaan menjadi wajah-wajah yang cantik nan rupawan juga berkualitas! Jujur, saya masih sangat asing dengan wajah-wajah mereka ini (kecuali Jane Lynch ya, karena dia emang sudah wara-wiri sebelumnya di beberapa TV Series dan juga Film. Oops, Jayma Mays dan Jesalyn Gilsig juga deh, sebelumnya pernah liat mereka dalam series Heroes), bahkan seorang Dianna Agron sekalipun yang pernah muncul sebagai cheers juga dalam Heroes. Dan sekarang, Glee is awesomely awesome!

Dan, ngomongin soal Glee yang musikal rasanya kurang klop kalo nggak ngebahas soal musiknya, saya pribadi memang suka sekali sama lagu-lagunya dan penampilan lagu-lagu ini dalam seriesnya juga sudah cukup 'normal' walaupun ada beberapa lagu yang sedikit maksa, overall musikalitasnya juga sudah oke! pemilihan lagu-lagu yang (lumayan banyak) belum pernah saya di season 01 jadi terdengar lebih fresh lewat suara-suara mereka walaupun musiknya tidak banyak mengalami perubahan. Coba aja bandingkan dengan versi Journey *yaiyalah*. Tadinya saya sempat meragukan keaslian suara-suara mereka ini, tapi ada beberapa dari mereka yang telah membuktikannya lewat penampilan live. Yah, walaupun ada sedikit-sedikit yang sumbang, paling tidak tidak sepenuhnya autotune ya.

Okay. Story? Checked. Cast? Check. Music? Checked. Lantas siapakah orang yang berada dibalik Glee? mereka adalah Ian Brennan, Brad Falchuk, dan Ryan Murphy. Brad sendiri merupakan Executive Produces untuk Nip/Tuck dan Brad adalah Creatornya. Dengan genre yang sangat berbeda dari Nip/Tuck, Glee hadir menjadi terobosan, tak heran jika memenangkan Best Series di Golden Globe untuk 2 tahun berturut-turut, dan di 2011 ini juga memenangkan Supprting Actor dan Actress masing-masing kepada Chris Colfer dan Jane Lynch. 3 kemenangan dari total 5 nominasi di Golden Globe 2011. dan jangan lupa untuk awards lainnya, termasuk Emmy Awards.

Saat ini, Glee tengah Mid-break. dan akan lanjut ke season 02 episode 11 tanggal 06 Februari 2011 nanti tetap di channel FOX. Sedangkan Star World Asia baru saja memutarkan Glee season 02 episode 01 'Audition' tanggal 25 Januari kemarin untuk kamu yang menikmatinya lewat tv kabel.

3 comments :

  1. Suka banget sama Glee!! Hehe udah baca reviewnya dimana mana tp baru bisa nonton akhir2 ini :) Awalnya pengen nonton karena suka lagunya aja, eh jd ketagihan dibuat ketawa2 ngeliat Mr Shue dan Coach Sue kelahian :))

    ReplyDelete
  2. Welcome to the Gleek World!! Haha :)

    ReplyDelete
  3. don't stop believing!!!
    wah, itu kata2 yg mengagumkan dari GLEE.... semangat!!! hehehe

    Blogwalking gan, mohon kunjung dan follow balik ya ke review-newgadget.blogspot.com makasih ya

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger