Friday, February 3, 2012

Top 10 Songs of 2011


Di tahun 2011, banyak musik-musik keren yang beredar. Musik yang didengar disepanjang 2011 juga cukup bervariatif, dari musik 'galau' a la Adele hingga musik ajeb-ajebnya LMFAO yang berhasil menelurkan sebuah istilah baru yang pastinya sudah amat sering kamu dengar, shuffle dance. Yup, pasca kejayaan Justin Bieber di 2011, 2012 bisa dibilang dimiliki oleh Adele yang Someone Like You-nya atau Party Rock Anthem-nya LMFAO yang bisa kita dengar dimana-dimana. Padahal ada banyak sekali lagu-lagu keren yang ada di tahun 2011.

== Honorable Mention ==
( In Random Order )


Dari banyak lagu yang didengar di tahun 2011, akhirnya harus memangkas begitu banyak untuk menentukan 15 Besar, ada 5 lagu yang tidak bisa masuk ke 10 besar, dan terpaksa mendapat gelar honorable mention. Bersolo karir dari Bloc Party, Kele menelurkan album dengan hits single What Did I Do? dengan aroma yang sama sekali berbeda dengan music Bloc Party. Lady GaGa kembali hadir dengan album Born This Way dengan hits single berjudul sama, tapi entah kenapa Judas terasa lebih asik dan menjadi favorit saya di album tersebut. Hits Single dari The StrokesUnder Cover of Darkness merupakan single selanjutnya yang masuk kedalam list ini. Rihanna kembali menelurkan album, Talk That Talk, dengan hits andalan We Found Love yang berkolaborasi dengan Seorang DJ, Calvin Harris. sebuah single yang fresh dari seorang Rihanna. Terakhir ada Panic! At the Disco yang memproduksi album pasca didepaknya 2 personel, yang menyisakan 2 personel lainnya, single Ready to Go (Out of My Mind) terasa catchy dan membawa P!atd kembali menarik fansnya.

=== TOP 10 ===


#10 - Nicki Minaj - Super Bass

Pertama kali melihat aksi Nicki Minaj bersama Lil Wayne, Drake, dkk dalam sebuah grup yang disebut Young Money, Saya yakin kalo cewek nyentrik ini bakalan punya masa depan yang cerah di dunia musik. And here she is, dengan single yang tak kalah nyentrik dengan gayanya, Superbass menjadi salah satu single yang paling sering saya mainkan di tahun 2011. Boom badoom boom boom badoom boom bass!

#9 - Glee Cast - We Are Young (Glee Cast Version)

Anthemic. itulah satu kata yang cocok untuk menggambarkan single yang cocok dicover untuk Glee Cast. Walaupun lagu ini menceritakan tentang melepaskan keperawanan, rasanya sedikit banyak masih nyambung dengan cerita Glee. Lagu ini dibawakan pada episode 8 di season 3, Hold on to Sixteen. Dan jujur, versi Glee adalah pertama kalinya saya mendengar lagu ini, yang sebenarnya dimiliki oleh fun. yang berkolaborasi dengan Janelle Monae. Masing-masing versi sama bagusnya, dan menurut saya, lagu ini merupakan cover terbaik Glee selama season 03.

#8 - Mat Kearney - Hey Mama

Saya suka dengan lagu ini, that's it. Lagu ini terdengar catchy dan langsung menarik perhatian saat pertama kali mendengarnya, efeknya? nyandu dan sering diputar di media player. Diambil dari album Young Love (2011), lagu ini berhasil menempati posisi 8 untuk chart tahun ini.


#7 - Two Door Cinema Club - What You Know

Two Door Cinema Club merilis single terakhir dari album Tourist History, What You Know pada 7 Februari 2011. Yang semakin menarik dari lagu ini adalah musik videonya yang terasa rapi, colourful dan berbeda dari video-vdeo sebelumnya. Single ini juga salah satu single top air play di media player saya ;)

#6 - M83 - Raconte-Moi Une Historie

Dari keseluruhan lagu-lagu yang terdapat di album Hurry Up, We're Dreaming, lagu ini merupakan lagu terfavorit dari album tersebut yang asik untuk didengarkan. Menawarkan konsep dongeng, Raconte-Moi Une Historie diisi oleh ocehan imut dari anak kecil yang bercerita tentang sebuah katak yang bisa merubah segalanya. Dipadu dengan musik yang terus mengalun secara perlahan hingga ke tempo yang semakin cepat, lagu ini mengingatkan kita pada masa kanak-kanak, dan membuat kita tersenyum saat mendengarnya.

#5 - Oh Land - White Nights

Pertama kali mendengarkan lagu ini yaitu di salah satu episode serial Teen Wolf, dengan scene pemeran utama bersama pasangan sedang berdua di pinggir sungai di tengah hutan. Ahh, lagu ini langsung lengket di kepala, padahal hanya mendengarkan lewat sebaris lirik pada reffnya. Dan seletelah mendengarkan full version dari lagu ini, intronya juga menarik dan keseluruhan lagu benar-benar enak untuk didengar.


#4 - Graffiti6 - Annie You Save Me

Sama seperti Oh Land, Graffiti6 lewat singlenya Annie You Save Me juga terdengar lewat serial Teen Wolf. Lagu ini terdengar catchy lewat musiknya yang groovy. Dengan komposisi synth yang pekat, lagu ini menggabungkan beberapa elemen yang tergambar sebagai pop culture masa kini. Graffiti6 diprakarsai oleh Jamie Scott & Tommy D, padahal sebelumnya Jamie Scott punya band sendiri yang bernama Jamie Scott & The Town yang memiliki musik yang benar-benar berbeda dari Graffiti6. Annie You Save Me sempat dirilis melalui EP dengan judul yang sama, dan Januari 2012 kemarin sudah resmi terdapat dalam full album, Colours. 

#3 - Adele - Set Fire To the Rain

Seperti yang tersebut pada pengantar diatas, tahun 2011 merupakan tahunnya Adele. Yep, Someone Like You terdengar dimana-mana, termasuk seorang Afgan yang mengcover lagu ini pada salah satu acara di Trans TV. Padahal, ada banyak lagu lain yang terdapat di album yang sama dengan lagu Someone Like You, 21. Sebut saja Rumour Has It, Rolling in the Deep, atau Set the Fire to the Rain. Dan akhirnya, pilihan saya jatuh pada single ketiga dari album tersebut, Set the Fire to the Rain yang dirilis pada 4 Juli 2011. Lagunya tidak semellow Someone like you, malah musiknya cukup ngebeat untuk sebuah lagu 'galau'. Dibuka dengan intro piano yang apik dan disambung dengan vokal cemerlang Adele, Set the Fire to the Rain masih memiliki cerita yang sama dengan lagu-lagu Adele lainnya. Salah satu lagu terfavorit dari keseluruhan lagu Adele.

#2 - Coldplay - Charlie Brown

Uyeah, Coldplay kembali hadir dengan memproduksi album terbarunya yang berjudul Mylo Xyloto, sebuah nama yang unik yang bahkan sedikit susah untuk membacanya. Dengan single andalan Every Teardrop is a Waterfall, Mylo Xyloto seperti mengantarkan Coldplay pada masa kanak-kanak yang ceria, seceria cover album dan single-singlenya, walaupun maknanya sendiri tidak seceria yang terlihat, berbeda dengan Viva la Vida yang lebih berbau historikal (Yes, hal ini juga terlihat dari sampul covernya). Every Teardrop is a Waterfall memang keren, tapi saya lebih suka dengan Charlie Brown, saat pertama kali mendengarnya dan menjadi sesuatu yang candu, terus diputar berulang-ulang. Charlie Brown sendiri adalah single ketiga yang musik videonya akan dirilis bulan Februari ini.


#1 - Foster the People - Houdini

Foster the People adalah nama yang baru bagi saya di tahun 2011 ini, hadir dengan Torches, sebuah album yang memiliki single-single kece yang wajib punya. Padahal, awalnya saya sempat men-skip Pumped up Kicks, dan tidak merasakan sesuatu yang spesial dari single yang cukup annoying itu, sampai akhirnya entah kenapa saya bisa suka sekali dengan keseluruhan album mereka, please don't ask. Houdini merupakan single yang paling sering saya mainkan, seperti menghasilkan sebuah zat adiktif, Houdini terus meminta dimainkan dalam moda repeat. Singlenya sendiri bergenre pop alternatif dengan aksentuasi tepukan pada beberapa bagian, dan tentu saja membuatnya jadi lebih catchy. Magical, layaknya seorang Houdini yang sedang menampilkan sebuah pertunjukan sulap kepada penontonnya, kepada si pendengar.

"When I feel kinda bad and don't want to stress,
I just Pass it off on ability" - Houdini, FTP. 

4 comments :

  1. Setuju banget kalo We Are Young versi Glee itu bagus bgt :) and yes, Foster The People got the first place!!

    ReplyDelete
  2. Yay, ada banyak fans Foster the People! *tos*

    Iya, paling suka ama We Are Young ini :")

    ReplyDelete
  3. Aduh selera ku bedaa. Ada yang suka Edward Maya disini? haha

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger