Monday, November 29, 2010

Movie Review "Europe on Screen 2010" : De Storm (2009)


Julia adalah seorang wanita yang tinggal di sebuah desa di Belanda. Memiliki seorang bayi hasil dari hubungannya dengan seorang pria yang belum menikahinya. Hubungan ini menyebabkan Julia tidak 'dianggap' oleh orang tua hingga masyarakat yang tinggal di desa itu. Tapi beruntung Julia masih memiliki sahabat wanitanya yang masih menyayanginya juga bayi Julia sehingga perlakuan-perlakuan buruk yang diterimanya tidak terasa begitu berat baginya.
Hujan deras yang mengguyur desa tersebut pada suatu malam semakin menakutkan ketika angin juga berhembus begitu kencang. Ya, badai sedang terjadi di desa itu. Julia yang tengah ikut sebuah pesta kaget ketika melihat babysitter bayinya turut hadir dalam pesta tersebut, lantas siapa yang sedang menjaga bayinya? Julia yang khawatir langsung pulang karena khawatir akan keadaan bayinya ditambah kondisi cuaca yang sangat mengerikan. Sesampainya dirumah Julia (juga temannya) masih menemukan bayinya dalam keadaan sehat namun keadaan semakin bertambah parah. Air bah semakin tinggi dan menelan rumah Julia, bahkan hampir hancur!. Kedua teman julia pun ikut terseret dalam air bah yang deras. Julia yang sebelumnya sempat mengamankan bayinya dalam sebuah box dan meletakkannya ke tempat yang aman kini harus bertaruh pada nyawanya untuk survive dalam menghadapi bencana tersebut. Tapi sayang, kehancuran rumah julia menyebabkan Julia ikut terseret dalam air bah dan meninggalkan box bayinya dalam posisi aman.

Pada kesempatan yang lain, Aldo adalah seorang letnan yang mendengar kabar dari adiknya kalau telah terjadi bencana besar di desanya memutuskan untuk melihat apa yang terjadi. benar saja, Aldo yang memantau lewat udara melihat seluruh desanya telah terendam air, hanya terlihat beberapa rumah yang masih utuh, dan beberapa warga yang kini sedang berusaha untuk mengungsi ke hotel. Aldo melihat Julia tengah mengapung di perairan dan menolong Julia. lalu membawa Julia ikut mengungsi ke hotel. Setelah sadar, Julia ingin kembali kerumahnya untuk menyelamatkan bayinya. Aldo meyakinkan bahwa tidak mungkin untuk kembali ke desa karena mengingat seluruh desa telah terendam air. Selama di pengungsian juga Julia sangat khawatir akan keadaan bayinya. Setiap kali mendengar tangisan bayi, Julia yakin bahwa bayinya masih hidup dan ada disekitarnya. Julia mengecek setiap bayi, tapi sayang Orang tua setiap bayi di hotel itu pasti tidak rela di usik oleh psycho seperti Julia. Tapi insting seorang Ibu sangat kuat bagi Julia, karena dia sangat yakin bahwa bayinya masih hidup.

Mereka pun kembali lagi menuju rumah Julia dan benar saja, Julia mendapatkan box bayinya. tapi sayang apa yang diharapkan Julia tidak sesuai. tapi sebuah pencerahan masih ada. Box bayinya masih kering. Apa artinya dari semua ini?

Film berbahasa Belanda ini merupakan film kedua yang diputar di Europe on Screen 2010 Banda Aceh tepatnya pada tanggal 27 November 2010. Untuk sebuah film festival, cukup baik walaupun tidak melulu menampilkan fokus ke bencananya tapi juga lebih ke drama sang pemeran utama dan segala konflik yang ada didalamnya. Kompleksitas masalah yang dihadapi oleh Julia sekiranya mampu membawa penonton untuk larut dalam peran si Julia. Walaupun untuk efek bencana itu sendiri tidak begitu jelek, tapi masih ada beberapa bagian yang sepertinya akan lebih baik jika dibuat lebih logis.

Share/Save/Bookmark

0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger