Sunday, January 27, 2013

Top 10 Albums of 2012


Here's our 2nd Annual List for this year, The Top 10 Albums of 2012 yang terdiri dari 10 Album terbaik, terfavorit, dan paling banyak dimainkan dalam selama tahun 2012. Well, officially, ini merupakan postingan perdana dari judul serupa, karena pada tahun 2009 saya pribadi hanya membahas satu album tanpa embel-embel deretan album favorit, so Here It Is, Top 10 Albums of 2012.

2012 merupakan tahun yang cemerlang bagi dunia musik, begitu banyak album-album berkualitas yang rilis, maka tak adil hanya jika membuat list dari 10 Album saja, So here it is, 5 Album yang hampir masuk ke deretan Top 10 dan akhirnya harus nangkring di deretan Honorable Mentions, Ada siapa saja? 


The Beach House dengan Bloom dilanjutkan dengan Yuna yang berasal dari Malaysia, dengan album yang sama dengan namanya, Yuna. Diteruskan oleh Django Django dengan album Django Django, di Album ini Default merupakan track favorit saya. Next ada Wild Nothing dengan album Nocturne dan terakhir ada The Killers yang comeback lewat album terbaru meraka, Battle Born

=== Top 10 ===

 10. Night Visions by Imagine Dragons
Please Welcome Imagine Dragons, Band yang namanya mulai booming di 2012 kemarin lewat first single mereka dari album Night Visions, It's Time. Night Visions merupakan album debut bagi Imagine Dragons yang rilis secara internasional, dan hasilnya banyak yang puas dengan album ini. Menawarkan musik Alternative Rock, Musik yang dimainkan oleh Imagine Dragons sekilas mirip dengan The Lumineers, tapi lewat permainan beat-beat unik yang ditawarkan seperti tepukan khas pada It's Time, Imagine Dragons menempatkan dirinya sebagai alah satu Most Anticipated Bands in 2012.

Most Favorite Tracks : It's Time, On Top of The World.

09. Babel by Mumford & Sons
Mumford & Sons is back with their 2nd Studio Album, Babel. Setelah sukses dengan Sigh No More pada 2009, 3 tahun kemudian Babel berhasil ditelurkan dengan formula yang lebih fresh jika dibandingkan dengan album sebelumnya. Dengan single andalan I Will Wait, sebuah single dengan tempo yang lumayan upbeat.

Most Favorite Tracks : Babel, I Will Wait.

08. Overexposed by Maroon 5
Tepat 2 tahun setelah merilis album Hands All Over (yang sukses besar secara penjualan), Maroon 5 kembali hadir dengan album studionya yang ke 4, Overexposed dengan single pertama Payphone yang unik, pop-ish, catchy, dan sangat easy listening. Hiraukan Payphone yang amat sering dimainkan dimana-mana, Overexposed benar-benar sebuah gebarakan disepanjang karir Maroon 5 yang selama ini konsisten dengan genre Pop-Rock-ish, karena album ini terasa begitu dreamy pop, yang juga bisa kita lihat lewat cover albumnya yang ceria.

Most Favorite Tracks : Love Somebody, Beautiful Goodbye, Payphone, all the rest.

07. Kiss by Carly Rae Jepsen
Siapa yang tak kenal dengan seorang Carly Rae Jepsen? 2012 bisa dibilang merupakan tahun yang gemilang bagi CRJ, karena Call Me Maybe, single andalannya booming di pasaran. Selanjutnya, penyanyi jebolan Canadian Idol ini pun merilis album Kiss. Awalnya banyak yang skeptis dengan albumnya, melihat CRJ sebagai calon "One Big Hit Wonder", tapi hasilnya? CRJ berani mengambil resiko untuk memilih jalur dance 80an, dan Kiss pun asik untuk didengarkan. 

Most Favorite Tracks : More than Memory, This Kiss, Turn Me Up.

06. Oshin by DIIV
DIIV merupakan Band beraliran Psychedelic Dreamy Pop yang berasal dari Brooklyn. Oshin merupakan debut album dari DIIV yang berisi 13 tracks. Intro yang panjang, bahkan ada beberapa track yang instrument merupakan poin yang paling saya sukai dari DIIV, disamping musik yang psyche! tentunya.

Most Favorite Tracks : Doused, How Long Have you Known, all the rest.

05. Beacon by Two Door Cinema Club
Berawal dari band kecil dari Irlandia, TDCC sukses besar lewat Tourist History pada 2010 silam, kini TDCC hadir lewat album kedua, Beacon. Banyak yang memberi ekspektasi tinggi pada Beacon, sehingga saat album ini keluar, terjadi mixed reviews karena terkadang ekspektasi tidak sesuai dengan kenyataan. tsahh. Padahal, menurut saya sendiri, Beacon tidak begitu buruk walau tidak mampu menyamai Tourist History, secara penjualan Beacon menduduki posisi  2 di minggupertamanya, jauh diatas Tourist History saat rilis dulu.

Most Favorite Tracks : Sleep Alone, The World is Watching, Pyramid, and more.

04. Channel Orange by Frank Ocean
Thinkin' Bout You dan Pyramids adalah single yang memperkenalkan saya dengan Channel Orange milik Frank Ocean. Dengan modal utama vokal yang begitu kuat, track yang ada di keseluruhan album Channel Orange sangat asyik untuk didengarkan. Bagaikan tanpa celah, perpaduan musik dan juga vokal dari Frank merupakan hal yang membuat saya untuk menyukai album ini.

Most Favorite Tracks : Lost, Pyramids, Thinkin' Bout You.  

03. Halcyon by Ellie Goulding
Sama halnya seperti Frank Ocean, Ellie Goulding memiliki karakter vokal yang begitu unik, untuk musik yang terbilang upbeat, vokalnya malah kadang meneduhkan bagi pendengarnya. Coba aja dengar intro dari Don't Say a Word, mendengarkan vokal dari Ellie begitu menentramkan hati, padahal track tersebut bertempo cepat. Halcyon merupakan album studio kedua dari Ellie yang sebelumnya dikenal lewat Lights.

Most Favorite Tracks : Lights, Hanging On, Don't Say Word, Anything Could Happen, Only You, All the tracks.

02. Born to Die by Lana Del Rey
Here's come our Queen, Lana Del Rey. Tampil nyentrik a la 60an di segala aspeknya. LDR menarik perhatian lewat first singlenya Video Games dan dilanjut dengan album Born to Die, mixed reviews sih, tapi banyak banget yang suka dengan LDR dan Born To Die. Istilahnya nih ya, LDR itu seperti oase ditengah gurun pasir, musiknya yang bagai penyejuk di tengah hingar bingarnya musik Dance-Pop-Elektronik. Membawa kesan Galau to the whole new level di setiap lagunya, Born To Die merupakan salah satu album terbaik di awal dekade.

Most Favorite Tracks : Blue Jeans, Off the Races, Diet Mttn Dew, Lolita, Dark Paradise, National Anthem, This is What Makes Us Girls, Okay, I think this is too much, but the whole tracks is amazing.

   01. Lonerism by Tame Impala
Ini dia yang sedang panas di tahun 2012, Tame Impala. Band yang berasal dari Perth, Australia ini mengusung aliran psychedelic rock ini menelurkan album kedua mereka Lonerism, yang membuktikan Tame Impala memiliki musik yang keren, karena album sebelumnya Innerspeaker juga sudah mulai dilirik oleh banyak pihak. Sedikit aneh memang saat mengetahui kalau saya tidak terlalu doyan dengan dengan 1st & 2nd Single dari Lonerism ini dan sampai akhirnya saya benar-benar menyukai keseluruhan lagu dari album ini. Apa yang begitu spesial? perpaduan yang apik antara psychedelic rock dipadukan dreamy pop serta space rock menghasilkan ramuan baru yang disebut "Neo Pscychedelia"

Most Favorite Tracks : Be Above It, Nothing That Has Happened so Far Has Been Anything We Could Control, Apocalypse Dreams, Endors Toi, Music to Walk Home By, the rest tracks are Superb!

0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger