Sunday, July 28, 2013

Movie Review : The Conjuring (2013)


James Wan pertama kali dikenal luas pada publik lewat Saw, tahun 2010 kemarin, James kembali memantapkan namanya dalam dunia horor, Insidious yang dihasilkannya banyak mendapat pujian. Dan kali ini, James kembali hadir lewat The Conjuring.

Ed & Loraine Warren (Patrick Wilson, Insidious & Vera Farmiga, Orphan) adalah sepasang Suami Istri yang aktif di dunia Paranormal. Ed mengklaim dirinya sebagai Demonologist dan Lorraine adalah seorang Cenayang yang dapat melihat sesuatu yang tidak bisa dilihat oleh orang-orang biasa. Tak lama setelah selesai seminar, Ed & Lorraine kedatangan seorang Ibu yang sedang gelisah, gelisah karena di'ganggu' oleh penghuni rumah sebelumnya, Carolyn Perron (Lili Taylor, Public Enemies). Carolyn dan Roger Perron (Ron Livingston, The Odd Life of Timothy Green) baru saja pindah ke sebuah rumah di kawasan Harrisville, Rhode Island. Bersama 5 putri mereka, Carolyn dan Roger berusaha untuk memulai hidup baru. It's too bad, karena usaha untuk memulai kehidupan yang lebih tenang malah berujung pada kejadian-kejadian supranatural, karena 'penghuni' rumah sebelumnya masih tidak rela rumah tersebut ditempati oleh The Perrons.

Terasa familiar? tentu saja, The Conjuring diangkat dari kisah nyata keluarga Warren yang katanya, belum pernah dipublish sebelumnya. Kisah-kisah keluarga Warren sendiri juga pernah diangkat ke Hollywood, tak cuma satu, tapi lebih dari itu, yang paling membumi adalah the Amityville Horror dan juga The Haunting in Connecticut.


Speaking of Directing, James Wan semakin mantap saja men-direct film-film dengan genre seperti ini. Bagaikan belajar dari pengalaman James Wan berhasil membuat penonton merindukan film-film horor klasik, dan The Conjuring adalah jawabannya. Ada banyak elemen-elemen horor klasik yang siap membuat penonton tetap terjaga sepanjang film. Tak hanya setting yang diambil pada tahun 1971-an, tapi juga keseluruhan film, mulai dari footage mode, permainan klasik, rumah yang menyeramkan a la Amityville Horror, dan banyak lagi. That's what I like about The Conjuring.


Selain itu, Unity muncul dari deretan cast yang memerankan masing-masing karakter dengan ciamik, The Perrons, khususnya Joey King dan juga si kecil April, Kyla Deaver, The Warrens, sampai pemain pendukung lainnya. And the spotlight goes to Vera Farmiga, yang memainkan karakternya dengan sangat gemilang.

Dengan ketegangan yang tetap terjaga sepanjang film, The Conjuring adalah tontonan wajib buat para penggemar film horor.

---

"Want to play a game of hide and clap?"

---

The Conjuring (2013)
20 July 2013
Horror, Thriller
112 minutes
Rated R for sequences of disturbing violence and terror
Director : James Wan
Writers : Chad Hayes, Carey Hayes
Stars : Patrick Wilson, Vera Farmiga, Lili Taylor, Ron Livingston, Joey King,


2 comments :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger