Friday, May 6, 2011

Music Video Review : Lady GaGa - Judas


Judas...Juda..aa...
Judas...Juda..aa...
Judas...Juda..aa...
Judas...GaGa...

Ada 2 hal yang pertama kali terlintas dalam pikiran saya saat mendengar penggalan lirik diatas, seperti kebanyakan review yang anda dengar sebelumnya, Benar sekali, Judas kembali membawakan ramuan ala Bad Romance, nggak percaya? coba perhatikan penggalan lirik pada Bad Romance,

Ra...Ra...aa...aa...aa...
Roma...Ro...ma...ma...
GaGa...oo...la...la...
Want your Bad Romance.

See? Nggak ada yang salah memang dengan hal ini, dan terbukti, hal ini pula yang akan merujuk pada hal kedua yang terlintas dipikiran saya saat mendengarkan Judas untuk pertama kalinya, Apa itu? Addicted! Pertama kali mendengarnya, penggalan Judas...Juda..aa... ini terus memutar di kepala yang berakhir pada playcount yang meningkat drastis di playlist. Dan agak jarang belakangan ini untuk menyukai sebuah lagu dari pertama kali mendengarnya, dan Judas adalah salah satunya. Sebuah single yang mengusung aliran elektro-dance yang terasa lebih gelap, masih sealiran dengan Bad Romance ataupun Born This Way, agak jauh memang dari musik awal GaGa seperti Just Dance ataupun Poker Face yang murni mengusung aliran Pop-Dance-Elektronik.

Kontroversi? Bukan Lady GaGa namanya kalau tidak menciptakan sebuah kontroversi, dan single Judas ini memang mengundang kontroversi karena Lady GaGa menyinggung unsur Religius disini, kalau membaca jelas-jelas lirik Judas (dan googling tentang Judas), pastilah kita tau kalau GaGa disini amat mengagungkan Judas yang tergambar lewat kata-kata I'm in Love with Judas, atau A King with No Crown. Dan dari hasil penelusuran lain menggambarkan kalau single Judas ini, menceritakan tentang pacarnya-nya GaGa, Luc Carl yang telah mengkhianati GaGa hingga 3 kali, tapi toh tetap aja GaGa tetap cinta dengan Luc. 

How about the Music Videos?


Resminya, Video musik Judas ini rilis lewat channel Vevo pada tanggal 06 May 2011, 07.00 am waktu Indonesia Barat. Karena adanya tangan jahil terhadap video musik ini, akhirnya Judas datang lebih awal alias leaked! Melihat videonya, sedikit mengingatkan kita pada video Lady GaGa terdahulu bersama Beyonce, Telephone yang berbau gangster, dan para berandalan. Bedanya, jelas sekali cerita yang ada dan settingan lokasi pastinya. Judas bersettingkan arsitektur Timur Tengah yang bisa dilihat dari latar rumah-rumah khas disini.

Selama 5 menit 35 Detik (Uncut), Video Judas yang disutradara/ koreografer Laurianne Gibson dan Lady GaGa sendiri bercerita tidak jauh-jauh dari liriknya, ada seorang "Jesus" yang digambarkan sebagai pemimpin genk dalam video ini (mahkota akar-duri yang dikenakannya, emang ingin menunjukkan kalo sosok ini adalah "Jesus" sepertinya, walaupun tanpa beards), ada sosok yang digambarkan seorang seorang Judas, dan Lady GaGa sendiri memainkan karakter Maria Magdalena. Dari awal, Judas telah menuai kontroversi, makanya imo videonya dibuat bersahaja mungkin agar tidak menyinggung pihak manapun.

Dari segi penampilan seorang GaGa, di video Judas ini memang tidak terlalu mengerikan ataupun terlalu mencolok seperti video Born This Way sebelumnya dimana GaGa bisa terlihat begitu menyeramkan yang terlihat dari implantasi wajah yang dilakukannya, and Thank God, Implantasi tersebut tidak permanen karena kita masih bisa melihat wajah 'normal' GaGa dalam video ini. Make up di Judas sih emang nyentrik seperti biasa, tampilan rambut-rambut aneh, dan bentuk-bentuk lainnya, yang membuat GaGa begitu Judas disini bisa kita lihat saat GaGa berpakaian a la Nun, tapi tetap colourful! GaGa as Usual!

Overall, Judas beneran asik untuk didengarkan, walaupun imo Monster dari album The Fame: Monster masih yang terbaik bagi saya. Toh, tetap saja GaGa punya musik yang catchy! Video yang akan dirilis oleh GaGa akan mengundang rasa penasaran, baik itu dari segi tampilan, cerita, hingga make up si GaGa itu sendiri. Jangan lupa untuk menantikan albumnya, Born This Way, 23 Mei 2011 nanti! Ciao!

0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger