Sunday, May 29, 2011

Quick Recap : Glee Season Two


"Major Spoiler Alert! 
Jangan dibaca kalau belom nonton, 
tapi kalau penasaran tetap mau baca? 
then please take your own risk :)"

Hari Rabu, 25 May 2011 kemarin, Glee Season 02 dengan resmi berakhir! Ditutup dengan total sebanyak 22 episode, Glee Season 02 punya banyak kesan yang rasanya sayang untuk dilewatkan begitu saja. Apakah Glee season 02 lebih seru ketimbang season 01? atau biasa saja? semuanya akan dikupas dalam special post TV Series, Quick Recap : Glee Season 02!

New Season! New Cast! 
21 September 2010, episode perdana season 02 yang berjudul "Audition" dengan resmi mengudara! ada banyak hal yang menjanjikan di episode ini, mulai dari issue National yang akan digelar di New York (yang diikuti dengan lagunya Jay-Z yang dicover oleh ND, Empire State of Mind! plus Kaos yang Keren banget bertuliskan New York!) hingga munculnya tokoh-tokoh baru! Ya, Di season 02 ada kemunculan tokoh-tokoh baru yang menambah seru (dan kerumitan) di Glee! Akan ada kemunculan Charice Pempengco sebagai Sunshine Corazon, murid pindahan dari Filiphina dan Sam Evans (Chord Overstreet), murid pindahan yang nantinya akan bergabung dalam New Directions! Eh, Selain Sam Evans, nantinya juga New Directions akan kedatangan Anggota baru (tapi stock lama, karena sebelumnya udah muncul di season 01), Ada Lauren Zizes yang diperankan ama Ashley Fink!

Selain itu juga Coach Ken Tanaka juga tidak akan muncul lagi disini yang akan digantikan oleh Coach Shannon Beiste (Dot-Marie Jones) sebagai Coach team Football! Oh, iya selain kehilangan Coach Ken, Matt (Temannya, Puck dan Mike) juga juga harus pindah yang posisinya nanti akan digantikan oleh Sam! Nah, di season 02 ini juga Ibu Emma Pilsbury akan kedatangan cowo baru! Yang paling spesial dari semua New Cast yang ada adalah kehadiran Blaine Anderson, teman sekaligus kompetitor New Directions dari Sekolah lain, The Warblers. Yang memberikan aroma baru dari musik-musik yhang ada di Glee!

And The Story Continues...
Pastinya, New Directions masih memiliki tujuan yang sama dengan Season 01! Nationals! Selain Nationals, kehidupan keluarga, percintaan, dan pertemanan juga terus mengiringi Glee! Dan pastinya mereka tak akan lepas dari Bully yang terus mereka terima di William McKinley High School! Nah, kalau teman-teman masih ingat dengan fokus utama di season 01 yang mengarah ke Internal New Directions, hingga Pengendalian Sex Bebas dan dampaknya pada Kehamilan dan Kehidupan Remaja, di season 02 ini Glee fokus pada istilah "Born This Way" dan LGBT! Wow! Paling tidak, inilah Major Issue yang saya tangkap terlihat dari dominasi cerita yang ada disepanjang 22 episode season 02.

Hasilnya? Campur aduk sih menurut saya, diawal musim, Glee berhasil memberikan cerita luar biasa yang heartwarming! lihat saja Grilled Cheesus dan Never Been Kissed! It's a tearjerker! tapi setelah hiatus dan dibuka kembali dengan The Sue Sylvester Bowl Shuffle, Glee kok terasa Datar yah? Disatu sisi, internal New Directions yang sudah mulai kompak menjadikan konflik didalamnya jadi berkurang sehingga jalur cerita di season 02 ini jadi kurang bahan, makanya relationship status di Glee jadi berkisar disitu-situ aja. Bosen! tapi nggak semuanya juga sih jelek, beberapa episode termasuk episode spesial "Born This Way" juga oke kok.

Ngomongin soal LGBT yang sudah saya kasitau sebelumnya, di season 02 ini memang mendapat porsi yang gede loh, mulai dari hubungan antara Kurt dan Blaine, Santana dan Brittany, Karofsky sendiri yang jati dirinya sudah terungkap walaupun belum semuanya mengetahui, ataupun Bisexual Issue Brittany - Mike/Artie, dan Santana - Sam/Karofsky. Mungkin yang paling parah adalah ketika Rumour Sam yang juga Gay, yang untungnya hanyalah gossip belaka. Nggak ada yang salah sih, tapi bukankah telalu berlebihan?

Lantas apa yang membuat Glee jadi agak beda dari season 01? sepertinya Ryan Murphy ingin memuaskan para penggemarnya, Ryan seperti mengabulkan beberapa permintaan para penggemarnya terlihat dari memberikan solo pertama pada beberapa anggota New Directions, sebut saja Santana Lopez, Brittany, hingga ke Lauren Zizes. Supaya adil kali yak. Dan lagi porsi para pemain yang dulunya hanya sebatas figuran juga jadi lebih banyak, contohnya aja si Mike Chang (Harry Shum Jr) yang eksis banget di season 02 ini. bagus sih, jadinya lebih berwarna  nih Glee, toh juga Valerie yang dibawain Santana bagus banget ngalahin Amy Winehouse! dan selain nyanyi, Dance-nya Mike Chang dan Brittany juga hebat, maklum, keduanya emang eksis sebagai dancers, sih!

It's all about Tribute...
Keberhasilan Glee memberikan tribute pada Madonna (dan Journey serta GaGa) di season 01 sepertinya membuat Ryan Murphy ingin mengulangi kesuksesan di season 02 ini. Dan akhirnya, menurut saya jadi terlalu banyak, di episode 02 saja, Glee sudah memberikan tribute pada Britney Spears dengan judul "Britney/Brittany". Dilanjutkan pada Tribute ke Justin Bieber! hingga ke Lady GaGa (lagi), oh tunggu, Sepertinya Tribute to Michael Jackson juga masuk hitungan, kan ya? :D. 

The Music...
Apa yang membuat Glee Season 02 jadi lebih hip? musiknya jauh lebih modern ketimbang lagu-lagu di season 01, balik lagi ke poin sebelumnya yang sudah saya singgung. Sepertinya Ryan Murphy ingin memuaskan para penggemarnya dengan memberikan lagu-lagu baru dari Katy Perry, Lady GaGa, Justin Bieber, hingga ke Bruno Mars! See? mungkin supaya lebih akrab ke telinga penggemarnya kali ya. Bukan berarti tidak suka dengan lagu-lagu masa kini yang dicover Glee, tapi saya lebih suka dengan musik-musik Journey, Queen yang ada di Glee season 01, dan paling ngangenin itu adalah musik-musik a la April Rhodes (Kristin Chenoweth) di season 01! makanya pas episode "New York" kemaren, beneran suka dengan Bella Notte. Dan lagi, di episode2 sebelumnya juga demen banget sama musik broadway-nya Kurt.

Eh, selain itu, season 02 ini bener2 spesial bagi Glee! Ada Original Songs! Merasa bosan dengan lagu-lagu coverm akhirnya Glee merilis lagu-lagu original mereka yang jadi Hits! Yang paling anthemic sih sudah pasti Loser Like Me! tapi yang lainnya ngga kalah keren kok, Hell To The No-nya Mercedes juga ciamik. Dan yang lucu tapi kece, coba Intip My Cups-nya Brittany, Trouty Mouth, sampe My Headbandnya Rachel Berry! Definitely Glee! :D

The List...
Okay, ini dia best-worst list menurut saya, enjoy!

Best Episode - Never Been Kissed (Will-Beiste is definetely the Core!)
Worst Episode - The Rocky Horror Show
Best Song (based on playcount on my playlist) - Marry You
Best Original Song - Loser Like Me
Best Mash-Up -I Feel Pretty/Unpretty
Best Duet - River Deep/Mountain High - Santana Lopez & Mercedes Jones
Best Cameo - Gwyneth Paltrow as Ms. Holly Holiday

5 comments :

  1. mantaaaaaaaaaaaabbbbbbbbbbbbssssssss...........
    4 jempol dah buat reviewnya :)

    saya setuju dg best duet, River deep/mountain high gak ada yg ngalahin, keren paraaaahhh!!!!!

    kl original song, selain loser like me, get it right juga nendang menurut saya, lengkingan rachel bikin merinding, hueheheheehe

    trus kl best episode, saya prefer ke Glilled Cheesus. itu episode dark banget dah :)

    ReplyDelete
  2. ya setuju buat best duet.. tapi kalo buat worst episode.. sya kurang setuju.. okeh pertahankan yah

    ReplyDelete
  3. kk San | Hehehehe, thanks :D. Bener banget tuh duetnya, Santana ama Mercedes emang juara disana :D

    Nah, di original song, get it right emang ngena banget, tapi rasanya Loser Like Me itu anthemic bgt buat anak2 Glee, makanya saya pilih yg itu, hihi. Grilled Cheesus menempati #2 sih menurut saya...

    @anonymous, The Rocky Horror kurang greget sih, mungkin karena faktor ketidak tauan akan acara itu kali ya, :D

    ReplyDelete
  4. Setuju dengan sebagian besar best-worst list anda :)

    ReplyDelete
  5. Setuju...agak gimana gitu season 2...
    Read my thoughts :) hohohoho

    [Recap & List] Glee Season 2 - http://bit.ly/iVegcv

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger