Sunday, March 10, 2013

Movie Review : Oz the Great and Powerful (2013)

Have you heard the classic tale about The Wizard of Oz? Ya, kalau minggu lalu Hollywood merilis another classic tale Jack the Giant Slayer, maka minggu ini Hollywood kembali mengangkat adaptasi dari cerita lawas tersebut, well, not precisely.

Oz the Great and Powerful merupakan sebuah prekuel dimana jauh sebelum Dorothy dari Kansas sampai ke Land of Oz, ada banyak hal yang telah terjadi.


Let's just start from Oscar Diggs (James Franco, 127 Hours, Spider-man) yang merupakan seorang Magician a.k.a pesulap yang akrab dipanggil dengan sebutan Oz The Great and powerful dari Kansas, memimpin sebuah karnaval dari satu tempat ke tempat lainnya ternyata tidak membuatnya sukses, malahan kebanyakan show yang dilakukan Oscar tak mampu menutupi kebutuhannya dan berujung pada dirinya yang selalu dikejar masalah oleh banyak orang. And yes, He ran away.

Pelarian Oscar dari 'debt collector' ternyata tidak semudah yang dibayangkan oleh Oscar, dengan menggunakan sebuah Balon Udara, tiba-tiba saja muncul sebuah angin puting beliung dan Oscar pun tersedot ke dalamnya. Badai pasti berlalu, and magically, Oscar sampai ke antah berantah called the Land of Oz, at least itu yang disampaikan oleh Theodora (Mila Kunis, Black Swan, Ted) saat bertemu dengan Oscar. Kedatangan Oscar di Land of Oz ternyata ditunggu-tunggu oleh rakyatnya. Ya, berdasarkan sebuah ramalan, Land of Oz menunggu seorang Wizard (not a magician, remember) yang akan menyelamatkan mereka dari seorang Wicked Witch of the West, and voila, kehadiran Oscar yang tak sengaja itu pun dimanfaatkan olehnya karena selain dijanjikan banyak emas, Oscar juga akan diberikan tahta kerajaan, setelah membunuh Wicked Witch tentunya. That's what Evanora (Rachel Weisz, The Mummy) said, yang tak lain adalah kakak dari Theodora.

So the Adventure of (Wicked) Witch Hunter has begun, dalam perjalanannya, Oscar bertemu dengan Glinda (Michelle Williams, Shutter Island, My Week With Marilyn), The Good Witch of the North. Wait, What?


So I Watched this movies in 3D, and damn, Dari semua film 3D yang dirilis Disney, Oz the Great and Powerful adalah film yang memberikan efek maksimal untuk 3D-nya. Yes, It's Shot in 3D Camera, so be it. 15 menit-an pertama hadir lewat classical scene black & white in 4:3 ratio dan selanjutnya, kamu akan dimanjakan dengan 16:9 the Magical Land of Oz, Colourful, Bright, and it seems so fun. Nah, selain itu, banyak sekali popped-out scene dan depth scene yang benar-benar menjadi keunggulan dari fitur 3D. God bless the 3D era.

Sang sutradara, Sam Raimi, yang sebelumnya dikenal lewat trilogi Spider-Man pun membuktikan kalau Oz the Great and Powerful bukan sekedar Film yang 'numpang lewat', awalnya banyak yang pesimis dengan film ini karena tidak akan bisa menyaingi The Wizard of Oz yang memorable. Memang, Oz The Great and Powerful belum bisa mengalahkan sesepuhnya, paling tidak hasilnya cukup memuaskan karena digarap dengan baik. Speaking about Raimi and Spider-Man, sepertinya Raimi sudah tau kemampuan James Franco lewat akting di trilogi Spider-Man dengan karakter Harry Osbourne, that's why James dipercaya Raimi untuk memainkan karakter utama dalam film ini. And he played it well, the jokes, that (classic) hair, walaupun wajah James Franco tidak mendefinisikan 'klasik' iykwim.

James Franco hanyalah satu dari deretan artis papan atas yang ikut ambil bagian dalam film ini. Michelle Williams, Mila Kunis, dan Rachel Weisz merupakan alasan lain untuk menonton film ini. Mila & Rachel are doing just fine with their character. Oh, jangan bandingkan karakter yang dimainkan oleh Michelle Williams oleh Billie Burke, karena Michelle sendiri mengaku kalau dia memainkan karakter Young Glinda (kalau dibandingkan dengan  Glinda yang dimainkan oleh Billie Burke pada The Wizard of Oz, 1939 silam), She's good but not that good. But hey, she's pretty in that dress.

Recommended? Hell Yes! Especially in 3D. The Cast, The Jokes, the 3D, will bring you to the Magical Land of Oz. It's fun and enjoyable. If you're expecting a Fun, Magical film, then Oz the Great and Powerful are the perfect choice!

Oz the Great and Powerful (2013)
Released 08 March 2013
Action, Adventure, Fantasy
130 Minutes
Director : Sam Raimi
Starring : James Franco, Michelle Williams, Mila Kunis, Rachel Weisz


0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger