Tuesday, May 21, 2013

Movie Review : The Great Gatsby (2013)


Sebuah adaptasi dari Novel F. Scott Fitzgerald, The Great Gatsby yang dipublikasikan pertama kali pada 10 April 1925 hadir kembali ke layar lebar, dan kali ini diarahkan oleh Baz Luhrmann, yang sebelumnya sukses dikenal lewat adaptasi dari William Shakespeare, Romeo + Juliet.

Nick Carraway (Tobey Maguire, Spider-Man), baru saja pindah ke Long Island yang tanpa disadari bertetangga dengan seorang milyuner misterius, Jay Gatsby (Leonardo DiCaprio, Inception). Awalnya Nick mulai merasa aneh dengan keberadaan Gatsby yang selalu memperhatikannya, like, Is He Gay? Well, He's not, Gatsby hanya ingin mendekati Daisy Buchannan (Carey Mulligan, Drive), Sepupu Nicky yang tinggal di seberang teluk.


The Great Gatsby terlihat seperti film yang menggambarkan kisah romansa sepasang kekasih, faktanya, Film ini memiliki lingkup yang lebih luas dari sekedar cinta-cintaan di era 1920an. American Dreams? Apa itu? Kalau mimpi itu diwakilkan oleh Jay Gatsby, maka American Dreams sendiri tak lebih dari sekedar Kekayaan, Kemewahan, dan Kekuatan untuk mencapai suatu tujuan. Hal yang dilakukan Gatsby untuk mendapatkan apa yang diinginkannya. Cikal bakal korupsi yang digambarkan Fitzgerald pada masa itu.


We survived the First World War, We like to party! Dengan setting di tahun 1920an yang notabenenya merupakan pasca Perang Dunia Pertama, Karakter masyarakat di masa itu benar-benar glamour dan flamboyant, tak peduli kaya maupun miskin (walaupun jelas tergambar kasta antara si Kaya dan si Miskin). Serunya berpesta dengan paduan music jazz yang sedang hangat di masa itu, Motif Art Deco, adalah sebagian dari banyak hal yang membuat The Great Gatsby begitu indah. Abaikan cara berpakaian mereka yang sebenarnya tidak mewakili era 1920an, at least pesan Glamour (dan Norak untuk si Miskin) tersampaikan ke penonton. Dengan sudut pandang dari sisi Nick yang polos, penonton pun ikut masuk ke dalam penceritaan Nick.


It's in Luhrmann's hand yang membuat The Great Gatsby itu manis, komikal, dan sedikit gelap, ciri khasnya yang muncul sama seperti di film-film terdahulunya. The Directing is Great, Jay yang Ambisius, Nick yang Polos, Daisy yang Labil, Tom yang bengal, Myrtle yang norak, hingga ke karakter Meyer semuanya. It's just great to see the Living Legend Amitabh Bachan yang melengkapi obsesi/image Bollywood di The Great Gatsby. Spotlight diberikan kepada aktris Australia yang memerankan karakter Jordan Baker, Elizabeth Debicki, may she got more roles in the future.


And big shout to the Soundtrack yang superb, Lana Del Rey's Young & Beautiful is one of my favorite scene in the movie. Tak ketinggalan Love is Blindness, Back to Black, Crazy in Love dan deretan lagu 'pesta' yang bagus, dan cocok.

So they said the 3D version is sooo damn great, Ya, menonton versi 2D saja sudah bisa membayangkan bagaimana kerennya versi 3D, I'd say yes untuk menontonnya kembali, apalagi versi 3D. Definitely one of the best movie in 2013.

 ---------------------------------------------------------

The Great Gatsby (2013)
17 May 2013
Drama, Romance
142 Minutes
Rated PG-13 for some violent images, sexual content, smoking, partying and brief language
Director : Baz Luhrmann
Stars : Leonardo DiCaprio, Carey Mullgan, Tobey Maguire, Joel Edgerton


2 comments :

  1. Yup, versi 3d film ini cukup memuaskan mata, hehehe.

    ReplyDelete
  2. Wow, Lucky you to seen the 3D version ;)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger