Thursday, September 26, 2013

Movie Review : Insidious: Chapter 2 (2013)

Tahun ini sepertinya tahun yang cukup menjanjikan bagi James Wan, mulai dari kesuksesan The Conjuring di Bulan Juli kemarin hingga kejutan untuk konfirmasi resmi dirinya yang siap untuk mendirect Fast and Furious 7 di Tahun Depan, dan sebelum menutup tahun 2013 ini, please welcome another James Wan's Movie, Insidious: Chapter 2.

Setelah berhasil menjemput Dalton (Ty Simpkins, Iron Man 3) dari Dunia Lain, ada sesuatu yang sepertinya masih mengikuti Josh Lambert (Patrick Wilson, The Conjuring). Hal ini terbukti lewat belum berakhirnya kejadian-kejadian supranatural yang masih menghantui keluarga Lambert. Hal ini semakin diperparah dengan terkuaknya misteri-misteri yang terjadi saat Josh masih kecil.

Insidious: Chapter 2 merupakan jawaban atas banyak misteri yang terjadi di film pertamanya, Insidious. It's Quite Satisfying! Mengingat film yang kedua ini benar-benar terhubung dengan dengan film pertamanya, maklum, settingnya sendiri memakan waktu sehari setelah film pertama. Sehingga membuat Insidious dan Insidious: Chapter 2 merupakan sebuah satu kesatuan yang tak bisa dipisahkan, yang sudah direncanakan dari awal. Dan buat yang bertanya, apakah bisa menikmati film kedua kalau belum melihat film pertamanya? Jawabannya adalah Bisa jadi, Insidious: Chapter 2 tetap menjadi film yang menyeramkan sekaligus menghibur bagi pecinta film horor, tapi terlalu banyak pertanyaan yang muncul jika belum melihat film pertamanya, soalnya, James Wan sendiri tidak memberi waktu untuk perkenalan karakter di sekuel ini.

Menyeramkan dan Menghibur. Insidious tetap menjadi film yang ditunggu-tunggu oleh penggemar film Horor, masih banyak Jump Scene 'kurang ajar' yang siap membuat penonton merasa ngeri-ngeri-sedap. Namun karena jalan cerita yang terpecah dan juga 'pemecahan' misteri dari film sebelumnya, paruh akhir film ini menjadi less scary, or is it just me? atau mungkin efek The Conjuring 2 bulan lalu (yang personally masih lebih seram dibanding film ini) sehingga penontion masih merasa 'kebal' dengan Jump Scene. Tak adil memang membandingkan Insidious: Chapter 2 dengan The Conjuring, karena film ini mendapat rating PG-13, masih terbilang 'Cupu' jika dibandingkan dengan The Conjuring yang diberi Rating R.

Dari segi produksi, Insidious: Chapter 2 tetap juara, mulai dari pemilihan karakter-karakter versi muda yang sedemikian mirip, sebut saja Elise [Lindsay Seim] hingga Lorraine [Jocelin Donahue], lanjut ke Make-Up, Props, hingga Dalton & Foster Lambert [Andrew Astor] yang masih terlihat seperti film pertamanya (setting waktu sehari setelah) padahal rentang waktu antara film pertama dan kedua memakan waktu lebih dari 3 tahun. Yah, selain James Wan yang patut diberikan credit karena membuat sekuel ini terasa begitu kuat dari segi konsep, deretan Cast juga harus di berikan credit untuk karakter yang begitu berkesan, khususnya Patrick Wilson dan Renai alias Rose Byrne.

Menurut kabar yang beredar, Insidious: Chapter 2 menjadi film horor terakhir bagi James Wan, Apapun keputusan James Wan, ditunggu saja film Fast & Furious 7.
----------------
"This is nothing like being dead. I know". - Josh Lambert
----------------

Insidious: Chapter 2 (2013)
24 September 2013
Horror, Thriller
106 Minutes
Rated PG-13 for intense sequences of terror and violence, and thematic elements
Director: James Wan
Writers: Leigh Whannell, James Wan
Stars: Patrick Wilson, Rose Byrne, Barbara Hershey


0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger