Sunday, April 7, 2013

Movie Review : Stoker (2013)


India (Mia Wasikowska, Alice in Wonderland) baru saja kehilangan Ayah yang begitu dicintainya, meninggalkannya bersama Sang Ibu, Evie (Nicole Kidman, The Others) yang ternyata tidak terlalu akrab dengan India. Di hari berkabung itu, India kedatangan Charlie (Matthew Goode, Chasing Liberty), Paman yang tidak pernah diketahui keberadaannya hingga detik ini. Who is He?

Kehadiran Charlie menimbulkan berbagai misteri serta spekulasi, Kemana saja selama ini? Mengapa baru kelihatan sekarang? yang membuat India enggan untuk bertegur sapa dengan Charlie. Ironi, Evie yang saat ini tidak stabil setelah menjanda malah akrab sekali dengan Charlie menganggap kehadirannya lebih dari sekedar kunjungan duka. Tak bisa disalahkan memang, tampang Charlie yang rupawan, mengingatkan Evie pada sang Suami di kala muda. Sayangnya, hal ini justru membuat India yang saat itu baru menginjak usia 18 tahun menjadi muak dengan segalanya, dan mencoba mencari jawaban atas misteri Paman Charlie, yang membuat atmosfer menjadi berubah sejak kedatangannya.


It's a really "Sweet" Family, Stoker langsung hadir mengisi deretan salah satu film terbaik di 2013, so far. Perlu diingat bahwa Stoker bukanlah sequel, remake, atau spin-off dari karakter kenamaan Bram Stoker, tetapi, tema yang diusung Stoker serta beberapa scene memang menggambarkan sebuah tribute pada Bram Stoker. Is it? Go find the answer.


Stoker merupakan film perdana berbahasa inggris Arahan Park Chan-Wook yang sebelumnya dikenal lewat Oldboy (2003) dan Lady Vengeance (2005), disisi lain Stoker juga merupakan skenario perdana bagi Wentworth Miller yang akrab kita lihat lewat Serial TV Prison Break maupun di film Resident Evil : Afterlife. So, untuk 2 poin diatas, Stoker adalah sebuah film yang recommended untuk kategori 'perdana', right?. But why? Here's some point that might be cheers you up.


First, Premis yang ditawarkan. Ya, Premis yang ditawarkan adalah sesuatu yang 'manis' sekaligus misterius, It's Lovable and Intriguing at the same time. Memang, selama film  ditayangkan tidak ada sesuatu yang baru yang ditawarkan oleh Miller, karena beberapa elemen memang hal hal yang biasa ditampilkan dalam film dengan genre serupa. Tapi, paruh awal film seperti membuat penonton ikut masuk menjadi anggota keluarga, means, Stoker berhasil membawa penontonnya ikut merasakan emosional yang muncul antar karakter.

Second, deretan bintang papan atas yang mengisi daftar pemain. Nicole Kidman yang mengisi peran sekunder bisa memaksimalkan karakter, as usual. Matthew Goode, yang memainkan peran Paman yang keren, tampan, dan Cool sekaligus misterius pun berhasil dimainkan olehnya. Mia? I don't really need to tell the detail, do I? Okay, Mia is superb. And she looks so beautiful with her black hair. Memang, Mia masih memainkan karakter tipikal yang sebelumnya sempat kita lihat di Alice in Wonderland, Jane Eyre, Restless, hingga The Kids Are All Right. It doesn't really matter anyway, because she's awesome


Menutup alasan mengapa harus menonton Stoker adalah rangkaian sinematografi yang diracik dengan sangat apik oleh Chung Chung-Hoon, It's like choosing Tumblr over Facebook, iykwim. Scene yang muncul benar-benar memanjakan mata. The Scene, The View, The Angle, It mix perfectly

Yeah, Stoker is a definitely must watch, especially in theatres, so, why wait?

-----o-----

Stoker (2013)
03 April 2013
Drama, Mystery, Thriller
99 minutes
Director : Park Chan-Wook
Stars : Mia Wasikowska, Nicole Kidman, Matthew Goode


0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger