Friday, April 26, 2013

Movie Review : 9 Summers 10 Autumns (2013)


Roda terus berputar, everybody knows about that. Tapi perkara kapan dan dimana seseorang akan mengalami masa-masa senang atau sebaliknya, semua tergantung usaha masing-masing dalam menjalani hidup. Seperti Iwan Setyawan, seorang bocah yang berasal dari Batu Malang yang akhirnya bisa jadi seorang Direktur di New York.

Iwan (Ihsan Tarore), adalah anak ketiga dari 5 bersaudara dari pasangan Bapak Hasim atau yang akrab disapa Bapak (Alex Komang) dan Ibuk (Dewi Irawan). Lahir dan besar di Batu, Malang, Iwan merupakan satu-satunya anak laki-laki yang membuat Bapak menaruh kepercayaan untuk menjadi the next Bapak, hal ini justru membuatnya terbebani untuk bisa 'keras', mengerti soal mesin (karena Sang Bapak sendiri adalah Supir Angkot), dan tidak melulu berlindung dibawah ketiak Sang Ibu. Apa semua anak laki-laki harus seperti itu?


Dengan kondisi keluarga yang susah, Iwan kecil harus berbagi dengan tempat Tidur dengan 2 kakaknya, Mbak Isa dan Mbak Inan (Yang diperankan oleh Agni Pratistha dan Dira Sugandi saat dewasa). Dengan kondisi rumah yang kecil, Iwan bahkan harus belajar di waktu subuh agar tidak terganggu oleh adik-adiknya.

As the time goes by, Iwan yang pintar, lolos ke IPB Jurusan Statistika tanpa tes, alias lewat jalur PMDK. Tapi otak saja tak cukup untuk membiayai kuliah yang begitu mahal. Tak hanya itu, Bapak tak setuju dengan kelulusan Iwan tersebut, Bapak menganggap Iwan dibutuhkan dirumah untuk meneruskan tugas Bapak sebagai Supir Angkot. The Rest Story is yours, go find out what happens next till Iwan go the city that never sleeps.


9 Summers 10 Autumns is a Great Movie. I Don't even know how to start the review. Okay, first, the story. Awalnya Saya mengira kalau premis yang ditawarkan oleh 9s10a biasa, film-film motivasi yang mengisahkan perjalanan seseorang mulai dari yang susah sampai hidup sukses. Faktanya? 9s10a lebih dari sekedar itu. Keakraban keluarga dan bagaimana mengatasi masalah dalam keluarga jauh lebih ditonjolkan ketimbang perjalanan Iwan. 9s10a merupakan sebuah kisah nyata, diangkat dari novel yang ditulis langsung oleh Iwan Setyawan.

Second, dari sisi directing, like, you know Ifa Isfansyah, rite? The man behind Garuda Didadaku, dan Sang Penari. That's why, saat tau kalau Ifa yang akan menjadi sutradara, 9s10 langsung masuk daftar waiting list. Terlebih bulan lalu, Mas Iwan, Mas Edwin Nazir sang Produser, serta Ihsan Tarore sempat roadshow ke Medan untuk Sharing bersama keluarga Apel (Sebutan untuk pembaca novel yang ikutan sharing bersama), dari situ juga saya bisa lihat kalau 9s10a menjanjijkan. Mas Iwan yang Turun tangan langsung dalam proses produksi untuk memastikan agar 9s10a tidak jatuh menjadi sinetron-ish pun membuahkan hasil. Sinematografi yang ciamik pun berhasil membuai penonton untuk ikut bergabung ke Batu hingga ke New York.


Next, dari segi acting dan casting. Ihsan is good, but the Great Ones adalah Dewi Irawan yang memerankan karakter ibuk sekaligus menjadi Casting Director. Bu Dewi Irawan memainkan peran dengan sempurna hingga penonton ikut menjadi anak bagi Ibuk saat menonton 9s10a. Alex Komang juga pantas diberikan kredit atas karakter Bapak. Supporting lainnya seperti Agni Pratistha, Dira Sugandi, Hayria Faturrahman hingga Ade Irawan pun memberi takaran yang pas untuk 9s10a. Tak Lupa kehadiran singkat dari Ria Irawan, Ence Bagus, dan Epy Kusnandar yang mencuri perhatian.


Hal lain yang disukai dari s10a adalah detail yang membuat film menjadi utuh. Walau tak semua, tapi Uang pecahan 100 rupiah, Catatan si Boy di Bioskop Misbar, hingga Asia Bagus membuat 9s10a menjadi utuh sebagai sebuah film.

Overall, 9 Summers 10 Autumns is highly recommended yang masuk ke jajaran Salah Satu Film Indonesia terbaik di tahun 2013, so far. Yuk, Dukung Film Indonesia, Ajak keluarga untuk nonton 9s10a ke Bioskop terdekat :)

--------------------------------------------------------

9 Summers 10 Autumns (2013)
25 April 2013
Drama
112 Minutes
Producer : Edwin Nazir, Arya Pradana
Director : Ifa Isfansyah
Writer : Fajar Nugros, Ifa Isfansyah, Iwan Setyawan
Cast : Ihsan Tarore, Alex Komang, Dewi Irawan, Agni Pratistha, Dira Sugandi, Hayria Faturrahman

2 comments :

  1. Baru selesai menonton film ini tadi malam dan ternyata benar seperti yang anda review, bagus, sayang untuk dilewatkan...

    ReplyDelete
  2. Yups. One of the best Indonesian Films in 2013, so far.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger