Thursday, April 18, 2013

Movie Review : Finding Srimulat (2013)



Siapa yang tak kenal dengan Srimulat? Kelompok lawak asli Indonesia ini memang sudah membudaya bagi rakyat Indonesia. Bagaimana tidak, dibentuk mulai dari tahun 1950, or exactly 5 tahun setelah Indonesia Merdeka, tak hanya menjadi legenda, Srimulat juga menjadi kelompok lawak terbesar di Indonesia. Tapi dimana Srimulat sekarang? Let's go find out.

Mencari pelawak-pelawak legendaris Indonesia tidaklah mudah, hal ini dilakukan oleh Adika Fajar (Reza Rahadian, Habibie Ainun) yang mempunyai ide untuk mementaskan kembali Srimulat yang telah lama vakum. Adi yang kreatif baru saja dicuri ide-nya oleh rekan sekantor, ironisnya, ide tersebut dijual ke perusahaan lain yang mengakibatkan kantor tempat Adi bekerja menjadi pailit dan Adi pun harus kehilangan pekerjaannya, yang berarti akan ada tunggakan kredit rumah, mobil, dan 2 minggu lagi, Astrid Lyanna (Rianti Cartwright), akan melahirkan. Dimana bisa mencari pekerjaan dalam waktu yang singkat? Di Jakarta?

Ya, yang namanya jodoh memang tak lari kemana, Suatu sore, Mobil Adi yang kehabisan bensin harus 'nyungsep' di sebuah Warung Soto, yang ternyata di miliki oleh seseorang yang berasal dari Madura, ya Kadir. Dari sana Adi punya Ide untuk kembali mementaskan Srimulat. Umur tak bisa berbohong, Kadir pun menolak untuk kembali mentas. Kreatifnya Adi, bisa saja mengembalikan percaya diri Kadir, and the journey has begin.....


Target selanjutnya adalah Mas Kabul Basuki, atau yang akrab dengan Mas Tessy. He's gettting older and older by day but the spirit never dies. Next adalah Nunung, tapi sayang, karena saat ini sedang syuting striping untuk OVJ dan lain-lain, Nunung malah tak bisa dijumpai. Karena tak banyak personil yang berdomisili di Jakarta, maka mau tak mau, Adi, bersama Tessy dan Mamiek Prakoso pun harus menyambangi Solo, kota kelahiran Srimulat, karena disana ada Gogon sampai Ibu Djudjuk. Mulai dari mengumpulkan anggota Srimulat hingga ke persiapan pementasan bukanlah perkara yang gampang. Dan ini semua merujuk pada sebuah pertanyaan besar, Sebenarnya Adi tulus untuk mengembalikan Srimulat atau hanya mencari uang semata?


Komedi, Drama, Romantis, hingga ke Sejarah bisa ditemukan di film yang berdurasi 104 menit ini, hadir dengan tidak membosankan, keempat elemen tadi mendapatkan porsi yang pas untuk keseluruhan cerita tanpa terlihat lebay.

Yang paling disukai dari Finding Srimulat adalah kembali-nya pelawak-pelawak legendaris Indonesia dengan nama Srimulat yang sudah tak asing lagi, tentunya. Hal yang sangat jarang untuk ditemukan karena Srimulat sendiri sudah lama vakum. Memang, Finding Srimulat terasa kurang nendang karena kurang rame. Tapi kehadiran Gogon, Tessy, Kadir, hingga Bu Jujuk sudah amat mewakili Srimulat. It's Great, but the more the merrier. Untunglah kemunculan Nunung sedikit banyak menggambarkan kondisi anggota Srimulat lainnya yang sibuk, jadi memberikan jawaban terhadap pertanyaan, "Yang lain mana?".


I may not a big fans of Srimulat, but I remember when I was a kid I watched the shows with my father. Comeback? bisa jadi. Setting pementasan Srimulat di film ini benar-benar kembali membangkitkan memori terhadap acara yang dulunya pernah tayang di TVRI dan Indosiar ini. Scene di Stasiun Balapan Solo yang diracik dengan Lenggang Puspita pun membuat penonton ikut bernyanyi didalamnya.

Lucu? Sudah pasti, It's a Srimulat, For God Sake. Bahkan hanya melihat wajah Tessy dan Gogon saja sudah membuat tersenyum. They're Original, yang menjadi inspirasi bagi pelawak sekarang ini, bahkan pelawak era sekarang lebih banyak jayus dan garing jika dibandingkan dengan Srimulat yang punya ciri khas masing-masing.


Disamping lucu, kehadiran Srimulat yang membangkitkan memori memang mengharukan, ditambah dengan perjuangan Adi dan kehidupan para pemain Srimulat yang ternyata kesusahan selama vakumnya Srimulat kerap dapat meneteskan air mata bagi sebagian (atau malah semua?) penonton. Selain Srimulat sendiri, Good job buat Reza Rahadian yang berhasil memainkan karakter Adi. Dan tentunya, Charles Gozali yang menjadi otak dibalik semua ini. Terima Kasih.

Jadi buat kamu yang selama ini ngeluh kalau ngga ada film Indonesia yang bagus, yeah, it's your turn now! Support film Indonesia dengan menontonnya di bioskop!

Finding Srimulat (2013)
11 April 2013
Drama, Komedi
104 Menit
Semua Umur
Sutradara : Charles Gozali
Pemeran : Reza Rahadian, Rianti Cartwright, Gogon, Djudjuk Djuwariah, Kadir, Mamiek Prakoso, Nunung Srimulat, Tarsan, Tessy, Fauzi Baadilla


0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger