Sunday, April 21, 2013

Movie Review : Oblivion (2013)


Bumi sudah tua. Tak sedikit film yang menggambarkan usia bumi yang kian renta dan semakin rusak, semua karena ulah dari manusia sendiri, yang mengakibatkan mereka harus hijrah untuk dapat hidup. Kalau manusia terus tidak tanggap terhadap lingkungan, maka semakin cepat pula Bumi ini untuk menolak bekerja sama dengan manusia. 65 tahun lagi? bisa jadi.

Paling tidak itulah yang tergambar dari Oblivion. Film teranyar Tom Cruise yang dibesut oleh Sutradara yang juga seorang Arsitek, Joseph Kosinski. Bersama Morgan Freeman dan Olga Kurylenko, Oblivion membawa kita ke tahun 2077, dimana Bumi tinggal seonggok tanah dan reruntuhan sisa peradaban manusia yang egois.


Adalah Jack Harper (Tom Cruise, Mission: Impossible, Minority Report) yang memperbaiki robot-robot yang rusak di Bumi. Robot-robot ini a.k.a The Drones bertugas sebagai pembasmi The Scavs (Pemakan Bangkai) yang masih tersisa di Bumi karena mengancam keberadaan Manusia. Jack yang tinggal di sebuah rumah sekaligus kantor, Tower 49 melakukan tugasnya bersama asisten yang juga merangkap sebagai navigator Victoria (Andrea Riseborough, Happy-Go-Lucky).

Semuanya baik-baik saja, sampai Jack terjebak pada sebuah bangunan tua di bumi dan dikepung oleh The Scavs, Jack yang mulai merasa bosan dengan pekerjaannya mulai merasa ada yang tidak beres dengan semua ini, dimulai dengan insiden di perpustakaan tersebut. Dan firasat Jack semakin kuat saat dia bertemu dengan Julia (Olga Kurylenko, Quantum of Solace), yang sempat muncul beberapa kali dalam ingatannya. Siapa sebenarnya Julia?


Oblivion hadir untuk memanjakan para pecinta Sci-Fi, The Story, The Scenery, The Effects, all blends in one movie. Dikemas dengan waktu yang lumayan panjang, Oblivion mungkin jadi sedikit membosankan menurut beberapa orang, khususnya di pertengahan film bagian Superbowl. Or is it me? yang tidak terlalu akrab dengan Superbowl, like, scene ini jelas bebeda dimata seorang warga Indonesia jika dibandingkan dengan seorang warga Amerika Serikat. Dengan, alur pembuka yang meyakinkan ditambah dengan kejutan di bagian akhir, rasanya hal tersebut masih bisa dimaklumi. 


Selain Tom Cruise (yang ternyata banyak yang tidak menyukainya) kehadiran Olga Kurylenko (yang mirip dengan Aura Kasih) memang menjadi daya tarik. Surprisingly, saya justru menikmati kehadiran Andrea Riseborough dengan aksen british-nya yang sebelumnya tidak begitu dikenal. Selain nama di atas, kehadiran Morgan Freeman sebagai Supporting Actor jelas menjadi pemegang kunci didalamnya. As Great as Usual.


Ingin melihat kota New York yang tertutup olehdebu sehingga tak lagi menjadi The City that Never Sleeps? atau sekedar melihat Tom Cruise & Olga Kurylenko? Or You a Die-Hard Sci-Fi fans? Oblivion jelas menjadi tontonan yang kamu tunggu-tunggu.

------------------------------------------------------------------

Oblivion (2013)
11 April 2013
Action, Adventure, Mystery, Sci-Fi
126 Min
Rated PG-13 for sci-fi action violence, brief strong language, and some sensuality/nudity
Director : Joseph Kosinski
Stars : Tom Cruise, Olga Kurylenko, Morgan Freeman


0 comments :

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger