Thursday, August 29, 2013

Movie Review : Elysium (2013)


Dystopian Future sepertinya sedang marak di kalangan Hollywood, tahun lalu ada (sepotong cerita pada) Cloud Atlas, beberapa bulan yang lalu ada Oblivion, dan terakhir juga World War Z yang masih seirama dengan tema tersebut. Dan kali ini tema tersebut kembali hadir lewat Elysium, yang dibintangi oleh Matt Damon serta Jodie Foster dan disutradarai oleh Neill Blomkamp yang sebelumnya tenar lewat District 9.

Tahun 2154, Bumi sudah usang, udara sudah tak sehat lagi untuk bernafas sehingga manusia harus mencari tempat baru agar bisa melangsungkan kehidupan. Diciptakanlah Elysium, sebuah tempat idaman setiap manusia dimana udara yang dihirup begitu sehat, bersih, yang paling menarik dari Elysium adalah, di tiap rumah memiliki sebuah alat yang mampu menyembuhkan segala macam penyakit. Menarik, bukan? Itu semua tidaklah gratis, ada biaya yang sangat mahal yang ahrus dikeluarkan. Tak heran jika hanya orang-orang kaya yang dapat tinggal di Elysium, dan orang-orang miskin hanya bisa melihat betapa indahnya Elysium dari muka bumi dan tetap berjuang untuk hidup dengan kondisi yang menyedihkan, lingkungan yang kumuh, dan dominasi teknologi yang sudah menginjak batas logika.


Adalah Max (Matt Damon, We Bought a Zoo), seorang bocah yang tinggal di sebuah Panti Asuhan, bercita-cita untuk mengunjungi or better, tinggal di Elysium bersama Frey (Alice Braga, I Am Legend) yang merupakan sahabat masa kecilnya. Be careful what wish for cos you just might get it. Karena saat Max telah dewasa, ada sebuah insiden yang menyebabkannya harus ke Elysium, atau dia akan Mati. Dan semuanya tidak begitu mudah karena Delacourt (Jodie Foster, Carnage), Secretary of Defense dari Elysium tidak akan membiarkan imigran masuk dengan gampang ke daerah kekuasaannya.


Neill Blomkamp nailed it again!  tho' personally I still prefer District 9 than Elysium, at least Elysium masih memikili elemen-elemen yang tampak begitu nyata, so far, untuk film-film dengan tema dystopian future. That Elysium ideas and designs are one of the coolest new-world ever I saw in the movies. Walaupun penonton masih bisa merasakan universe District 9 yang begitu jelas, padahal setting Elysium sendiri (sepertinya) bukan di Joburg, Afrika Selatan. And yes, Neil yang lahir di Joburg, Afrika Selatan lagi-lagi menempatkan ciri khasnya lewat beberapa elemen Afrika Selatan. It's in his blood.


Speaking about the cast, Matt Damon is a great as always, memerankan karakter yang 'bandel' bukanlah hal yang susah apalagi didukung oleh wajah yang dimiliki oleh Damon, berbanding terbalik dengan Damon, karakter Jodie Foster justru terasa kurang eksplorasi karena we all know what Foster capability and then there's the Delacourt character yang yaaaaah, kurang nendang.

But still, Elysium itu menjadi salah satu film summer yang menyenangkan. Better catch it soon before it's too late.

----------

 "I promise you, one day I'll take you to Elysium." - Max Da Costa

----------

Elysium (2013)
21 August 2013
Action, Drama, Sci-Fi
109 Minutes
Rated R for strong bloody violence and language throughout
Director: Neill Blomkamp
Writer: Neill Blomkamp
Stars: Matt Damon, Jodie Foster, Sharlto Copley

1 comments :

  1. good movie review :) gonna read the latest movie reviews, can be directly to http://gostrim.com/category/movie-review/ happy reading :)

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger