Friday, January 10, 2014

5 Film Indonesia Terbaik di Tahun 2013

Tahun 2013 bagi perfilman Indonesia sepertinya punya beban yang sangat berat sepeninggal 2012, bagaimana tidak, Habibie & Ainun yang ditonton oleh lebih dari 4 juta penonton jelas memberikan standar baru terhadap perfilman Indonesia. But hey, sampai detik ini 2013 tidaklah begitu buruk baik dari segi penjualan maupun cerita yang ditawarkan.

Raditya Dika menelurkan 3 film di tahun ini, ya langsung 3 film. mulai dari Cinta Brontosaurus yang so... so..., lanjut ke sekuelnya, Manusia Setengah Salmon yang jauh lebih baik dari film pertamanya hingga ke Cinta Dalam Kardus. 2 film diantaranya masuk dalam deretan honorable mentions, dan harus diakui dalam waktu yang berdekatan, Dika bisa menjadi 2 orang yang berbeda, Cinta Brontosaurus yang memenuhi kebutuhan pasar, dan Cinta dalam Kardus yang lebih idealis. Next ada Cinta/Mati, film manis dari Vino G. Bastian/Astrid Tiar yang bisa kamu lihat detailnya di review ini.


===== TOP 5 =====
(alphabetically order)

9 Summers 10 Autumns
Sutradara : Ifa Isfansyah
Apa yang membuat 9 Summers 10 Autumns beda dari film-film motivasi kebanyakan? Semua tahu kalau 9S10A itu inspirasional, yang mampu menyentuh penontonnya tanpa harus terlihat lebay. Bagaimana keseluruhan film mencoba untuk menggambarkan karakter utama yang membumi dan yang terpenting mampu membangun alur cerita yang mengalir dengan pasti sehingga mampu mengikat penonton dari awal hingga akhir. Ditangani oleh Ifa Isfansyah yang didukung oleh deretan aktor dan aktris papan atas (kecuali Ihsan, sepertinya), 9 Summers 10 Autumns jelas menjadi salah satu film terbaik tahun 2013.
full review 9 Summers 10 Autumns

Finding Srimulat
Sutradara: Charles Gozali
Srimulat kembali hadir ke layar perak dengan konsep yang jauh terlihat lebih modern. Walaupun tahun sudah 2013, Srimulat masih terlihat segar, lucu, dan asyik untuk ditonton. Jangan lupakan juga Reza Rahadian hingga Rianti, selain Srimulat sendiri, yang punya peran penting di film ini.
full review Finding Srimulat

Sokola Rimba
Sutradara: Riri Riza
Diangkat dari sebual novel yang merupakan kisah nyata dari Butet Manurung, Sokola Rimba sepertinya memiliki premis yang tidak begitu spesial. Tapi dibawah tangan Riri Riza dan Mira Lesmana Sokola Rimba diolah menjadi film yang luar biasa, dimana adegan demi adegan tergambar begitu indah yang bisa mengobati rasa rindu akan perfilman Indonesia.

Tenggelamnya Kapal Van Der Wijck
Sutradara: Sunil Soraya
Saat tulisan ini di-publish, film yang baru dirilis bulan lalu ini sudah mendapat predikat sebagai film tersukses di tahun 2013. Yang namanya sukses harusnya tidak hanya dinilai dari pendapatannya saja, tapi juga keseluruhan film itu. Dan harus diakui kalau Cerita (yang diangkat dari nivel lawas ternama), Akting, Sinematografi, yang terpapar dalam film ini benar-benar memuaskan. Ya, Film Indonesia termewah yang pernah dibuat ini memang layak untuk masuk 5 besar film terbaik tahun 2013.

What They Don't Talk About
When Thet Talk About Love
Sutradara: Mouly Surya
Saya suka Fiksi, 'membuka' pandangan saya terhadap film-film Indonesia yang terkesan itu-itu saja. Mendengar Mouly Surya akan menyutradarai film terbaru, siapa yang tak penasaran? ditambah dengan judul yang super duper panjang itu. Great Story, Great Directing, Great Cinematography, dan yang terpenting, Ayushita, Karina Salim, dan Nicholas Saputra yang bisa memainkan karakter-karakter tak biasa di film tersebut, Awesome!

1 comments :

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 

Subscribe to the Newsletter

Contact Me

Send an E-mail to : adhrdi@gmail.com

The Blogger